Pages - Menu

Minggu, 27 Januari 2013

Apa yang Menyebabkan Bulu Hamster Rontok?

     Dalam beberapa kasus ditemui bulu hamster sering mengalami kerontokan, bahkan kebotakan. Hal ini harus diwaspadai sejak awal. Kerontokan bulu dapat disebabkan bebrapa factor sebagai berikut.
1.Usia

Saat memasuki usia sekitar 2 tahun biasanya hamster mengalami kerontokan bulu, sehingga terlihat botak. Hal ini wajar dan tidak perlu dirisaukan, karena tidak membahayakan. Untuk menumbuhkan kembali bulunya, berkan vitamin seimbang pada hamster.




2.Alergi

Jangan menggunakan serbuk kayu yang berasal dari kayu pinus dan cedar untuk mencegah terjadinya alergi. Adapun alergi terhadap makanan dapat berbeda-beda pada setiap jenis hamster.



3.Kekurangan Vitamin

Jika gizi makanan yang diberikan tidak seimbang, ada kemungkinan hamster kekurangan vitamin. Untuk mengatasinya, berikan vitamin E cair yang bisa didapat di apotek terdekat. Pemberian setetes vitamin E cair setiap dua hari sekali dapat menghentikan kerontokan dan menumbuhkan kembali bulu hamster.



4.Kutu

Hamster yang terkena serangna kutu akut, bulunya akan rontok dan membentuk “pitak” di punggungnya. Hamster juga terlihat sering menggaruk, sehingga menimbulkan luka. Untuk mengatasinya, basmi kutu dengan cara menyemprotkan obat antikutu pada hamster dengan dosis sesuai anjuran pada kemasan.

Anda juga bisa mempelajari Tips Menjaga Kesehatan Bulu dan Tubuh Hamster...

SEMOGA BERMANFAAT!!! :)

1 komentar: