Pages - Menu

Minggu, 27 Januari 2013

Sifat-sifat Hamster



Hamster memiliki sifat yang beragam sesuai kondisi sekitarnya. Para pecinta hamster akan mengetahui sifat hamster setelah sebulan memeliharanya. Berikut bebrapa sifat hamster yang menarik untuk dicermati.

1.Pemalas
Hasil pengamatan selama tiga tahun, menunjukkan rata-rata hamster tidur lebih dari 15 jam per hari. Hamster hanya bangun saat lapar, haus, dan buang air, setelah itu tidur kembali. Waktu tidur hamster adalah pagi, siang, dan sore. Hanya pada malam hari hamster melakukan aktivitas.


          Sifat malas hamster juga terlihat ketika makan, yaitu dalam posisi telentang dengan kedua tangan mencengkeram makanannya dan sibuk mengunyah. Bahkan, terkadang matanya terpejam saat makan. Hamster suka sekali makan banyak-banyak kemudian makanan itu disimpan di dalam mulutnya sehingga mulut hamster kelihatan menggelembung. Anda jangan terkejut dengan kebiasaan itu. Hal itu dilaqkukan hamster sebagai sarana penyimpanan atau sebagai cadangan makanan.

2.Suka Berolahraga
Saat malam hari hamster mulai beraktivitas, bermain roda putar atau melakukan salto. Hal ini sangat baik untuk kesehatan hamster, yaitu untuk membakar lemak dan melatih ototnya. Waspadai apabila suatu ketika hamster anda tidak melakukan aktivitas pada malam hari, kemungkinan hamster anda sedang sakit.

3.Suka bersembunyi
Jangan terkejut saat anda tidak menemukan hamster anda di kandang, cermati sekelilingnya terlebih dahulu. Hamster suka bersembunyi di dalam lubang atau di bawah serutan kayu dan betah berlama-lama di sana.

4.Cinta Kebersihan
 Sifat hamster yang lain adalah cinta kebersihan. Hamster buang air di satu tempat saja, membersihkan tempat tidurnya sebelum tidur, dan membersihkan bulu dan matanya setiap hari. Apabila dibandingkan saat hamster ditempatkan di kandang yang kotor dan bau dengan tempat yang bersih dan kering, akan terlihat bahwa hamster enggan menempati kandang yang kotor dan berusaha keluar dari kandang. Berbeda dengan kandang yang bersih, hal yang dilakukan hamster adalah menggali lubang dan bersembunyi.
Jika hamster anda masih baru, maka cobalah untuk memegang hamster dalam posisi duduk. Jadi, jika hamster anda jatuh tidak akan terlalu tinggi. Ini kesalahan yang paling sering dilakukan orang. Hamster yang baru saja datang dari tempat penangkaran lain biasanya masih merasa asing dengan anda dan lingkungannya sehingga cenderung melompat secara tiba-tiba. Jadi, anda harus mengantisipasi hal ini terlebih dahulu.

SEMOGA BERMANFAAT!!! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar